I. PILIHAN GANDA
1. Berdasarkan sejarah perkembangan agama Hindu di India dapat diklasifikasikan dalam tiga jaman, salah satu diantaranya yaitu jaman Weda. Yang menjadi cirri dari jaman Weda yaitu …
a. Kitab suci Weda diwahyukan dan adanya pengkodifikasian wahyu Weda kedalam Catur Weda, disisi lain kepercayaan manusia terhadap para Dewa sangat tinggi.
b. Pada masa itu umat manusia sangat tekun sembahyang dan diwarnai dengan munculnya Buda Awatara
c. Terjadinya perpecahan sekte-sekte dalam Agama Hindu sehingga memunculkan dua kelompok besar yaitu Astika dan nastika
d. Adanya pelaksanaan yajna secara besar besaran, sehingga kedudukan para brahmana dan Dewa sejajar
e. Para Brahmana menjadi golongan atau kelompok pling tinggi dan dihormati dalam masyarakat.
2. Bila kita amati umat Hindu dalam melaksanakan sembahyang selalu menggunakan bunga, secara filosofis bunga digunakan untuk sembahyang karena memiliki makna …
a. Sebagai penambah keindahan dalam bersembahyang
b. Bunga dipersembahkan kepada Tuhan sebagai makanan bagiNya.
c. Bunga melambangkan keindahan, keharuman, dan lambang cinta kasih, sehingga sembahyang dengan menggunakan bunga sebagai ungkapan rasa cinta kasih manusia pada Tuhan.
d. Bunga memiliki keharuman yang wangi, manusia mepersembahkan wangi bunga pada Tuhan agar bisa menikmatinya.
e. Tuhan suka dengan Bunga sehingga perlu mendapat persembahan bunga
3. Suatu gaya atau seni seseorang dalam memimpin atau mengkoordinasikan orang-orang dalam sebuah lembaga disebut dengan istilah …
a. Kebijakan
b. Kepemimpinan
c. Pemimpin
d. Gaya memimpin
e. Niti Ssastra
4. Dalam melaksanakan perayaan hari raya Nyepi umat Hindu melaksanakanya dengan melaksanakan catur brata penyepian , dimana salah satunya dinamakan amati geni yang memiliki arti …
a. Tidak menyalakan api atau lampu penerangan
b. Tidak bekerja atau melaksanakan aktifitas yang berat atau kerja
c. Tidak melaksanakan bepergian jauh
d. Tidak berfoya foya dan tidak memburu kesenangan
e. Melakukan tapa brata di dalam rumah
5. Dalam kehidupan manusia tidak akan lepas dari pengaruh tri guna. Dalam kehidupan sifat tri guna teraplikasikan dalam bentuk ….
a. Sifat dan tingkah lakunya
b. Kecantikan dan ketampanan
c. Penampilan
d. Cara beribadahnya
e. Nasip yang dialaminya
6. Dalam ajaran agama Hindu yang menjadi tempat suci dari jaman dahulu sampai saat ini mengalami evolusi bentuk, walaupun fungsinya sama. Konsep tempat suci yang pertama kali ada dalam Agama Hindu yaitu …
a. Pura
b. Lingga
c. Segara - Gunung
d. Padmasana
e. Meru
7. Dalam konsep ajaran agama Hindu mengenal istilah yang menjelaskan hubungan antara Atman dengan Brahman yang berbunyi “Brahman Atman Aikyam”, artinya …
a. Brahman dengan atman saling bermusuhan
b. Brahman dan atman tidak saling mengenal dan tidak saling berhubungan
c. Brahman dengan atman merupakan saudara kakak dan adik
d. Brahman dan atman merupakan hal yang tunggal atau sama
e. Brahman dan atman merupakan pasangan
8. Dalam ajaran panca srada menganal adanya Karmapala dan Punarbawa, dimana hubungan antara kedua konsep tersebut sangatlah erat yaitu …
a. Punarbawa membawa manusia kepada hokum karma
b. Karmapala dan punarbawa akan membawa manusia menuju moksa
c. Untuk mencapai moksa manusia wajib melaksanakan karmapala dan punarbawa
d. Punarbawa berulang-ulang untuk menghilangkan karmapala
e. Karmapala akan terbawa dalam punarbawa dan karmapala akan menentukan ada tidaknya punarbawa.
9.Alam semesta atau jagad raya ini tersusun dari lima macam unsur alam yaitu air, api, angin, pertiwi dan akasa. Kelima unsure tersebut dalam ajaran agama Hindu disebut dengan istilah …
a. Panca kamendria
b. Panca budi Indria
c. Panca maha bhuta
d. Panca srada
e. Panca yama brata
10. Dalam ajaran kepemimpinan Hindu, ada beberapa asas yang harus dilaksanakan diantaranya “Panca Upaya Sandi” yang memiliki arti …
a. Lima macam tahap pengendalian diri tahap jasmani
b. Lima macam pengendalian diri tingkat rohani
c. Lima macam usaha atau upaya yang harus dilaksanakan untuk mencapai tujuan
d. Sembilan sifat teguh dan dan bersusila yang harus dmiliki oleh seorang pemimpin
e. Enam kesan atau corak atau sifat utama yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin
11. Even nasional yang dilaksanakan untuk memperlombakan kemampuan melantunkan lagu pujian dalam agama Hindu disebut …
a. Dharma yatra
b. Dharma gita
c. Dharma sodana
d. Utsawa dharma gita
e. Dharma wangsa
12. Dalam ajaran agama Hindu mengenal istilah “Yajamana”. Hal tersebut berhubungan dalam pelaksanaan Yajna, Yajamana berarti …
a. Upakara yang digunakan dalam yajna
b. Pemangku atau rsi yang melaksanakan yajna
c. Aturan atau tata cara pelaksanaan yajna
d. Orang yang melaksanakan yajna
e. Tingkat kemampuan seseorang dalam melaksanakan yajna.
13. Dalam ajaran agama mengenal istilah yang sangat terkenal yang memaknakan solidaritas toleransi dan rasa kemanusiaan, sehingga semua manusia sama derajatny, istilah yang dimaksud adalah …
a. Satwam, Rajas, Tamas
b. Sat cit ananda
c. Eko narayana na dwityo sti kascit
d. Tat twam asi
e. Satyam siwam sundram
14. Bagian dari catur Weda Samhita yang berisikan tentang tata cara melaksanakan Yajna yaitu kitab …
a. Rg Weda
b. Yajur Weda
c. Sama Weda
d. Atharwa Weda
e. Manawa Dharmasastra
15. Tujuan hidup manusia yang paling utama yaitu untuk menyadari dirinya yang sejati. Setelah bisa menyadari dirinya yang sejati barulah ia menyadari keberadaan Tuhan yang berada di semua makhluk di alam semesta ini. Yang dimaksud dengan diri yang sejati dari manusia yaitu …
a. Manusia adalah makhluk ciptaan Tuhan yang paling sempurna
b. Manusia diberi sabda, bayu, idep sehingga dia adalah Tuhan yang nyata di dunia ini
c. Manusia memiliki kemampuan seperti Tuhan sehingga dia bisa melakukan apa saja
d. Manusia dalam dirinya memiliki atman, dimana atman merupakan percikan / bagian dari Brahman sehingga atman tersebut suatu saat juga akan kembali pada Brahman.
e. Dalam diri manusia memiliki atman dimana atman tersebut merupakan ciptaan Brahman yang ada di dunia dan tak akan pernah bisa kembali pada Brahman
16. Moksa adalah sebuah konsep tujuan tertinggi dalam ajaran agama Hindu, dimana pada fase tersebut manusia sudah sepenuhnya terlepas dari segala macam unsur kemelekatan yang bersifat duniawi. Secara etimologi berasal dari kata “Muc” yang berarti ….
a. Melepaskan / membebaskan
b. kemelekatan
c. keduniawian
d. ketangguhan
e. kesempurnaan
17. Tingkatan moksa yang dicapai setelah orang meninggal dimana keberadaan atman telah ada pada posisi kesadaran sama dengan Tuhan atau kedudukanya sama dengan Dewa dimana dewa merupakan manifestasi tuhan. Tingkatan moksa ini disebut dengan …
a. Weda Mukti
b. Sayudya
c. Salokya
d. Sarupa
e. Samipya
18. Ajaran yang paling mendominasi dari catur marga yoga adalah ajaran bhakti marga. Bhakti marga yaitu ….
a. Ajaran untuk mencapai tuhan dengan cara berbhakti ada Tuhan dengan sungguh-sungguh dan tanpa pamrih.
b. Ajaran untuk mencapai tuhan dengan cara berbhakti ada Tuhan dengan beribadah seminimal mungkin dan tanpa melaksanakan ajaran agama.
c. Ajaran untuk mencapai tuhan dengan cara berbhakti pada Tuhan dengan beribadah semaksimal mungkin dan melaksanakan tindakan adharma dan asusila.
d. Ajaran untuk mencapai tuhan dengan cara berkarya semaksimal mungkin pada Tuhan dengan sungguh-sungguh dan tanpa pamrih.
e. Ajaran mencapai Tuhan dengan cara melaksanakan Tapa, Brata, yoga dan samadi secara tekun dan berkesinambungan.
19. Perkawinan adalah ikatan lahir batin antara seorang pria dengan wanita sebagai suami istri dengan tujuan membentuk keluarga yang bahagia berdasarkan Tuhan Yang Maha Esa. Devinisi perkawinan tersebut merupakan pengertian perkawinan menurut …
a. UU No 1 Th 1974
b. UU No 5 Th 1984
c. UU No 1 Th 1978
d. Tap MPR No 5 Th 1978
e. UU No 15 Th 1977
20. Dalam pelaksanaan wiwaha dianggap sah bilamana perkawinan tersebut dihadiri oleh tiga saksi, dua saksi bersifat abstrak dan satu saksi bersifat kongrit. Dua saksi perkawinan yang bersifat abstrak yaitu …
a. Kala Saksi dan Bhuta saksi
b. Manusia saksi dan Bhuta saksi
c. Dewa Saksi dan Bhuta saksi
d. Manusia Saksi dan Dewa Saksi
e. Denawa Saksi dan Asura Saksi
21. Perkawinan bukan sekedar sebuah prosesi untuk mendapatkan legalitas atas hubungan seksual, namun perkawinan lebih menekankan pada …
a. Perayaan dan pesta di masyarakat
b. Pemberitahuan pad amasyarakat mengenai berlangsungnya sebuah ikatan
c. Pensucian kepada kedua mempelai agar bisa mendapatkan anak yang suputra.
d. Pelaksanaan upacara yang dilaksanakan secara besar-besaran
e. Pensucian jagad agung.
22. Pelaksanaan perkawinan di Indonesia diatur oleh UU No.1 Tahun 1974. Dimana dalam Undang Undang tersebut perkawinan dilaksanakan dengan asas …
a. Poligami
b. Poliandri
c. Poliseksual
d. Biseksual
e. Monogami
23. Dalam ajaran weda pelaksanaan perkawinan juga merupakan bentuk sarira saraskara, yang dimaksud sarira saraskara yaitu …
a. Raga yang sehat
b. Pensucian diri
c. Jiwa yang sehat
d. Melaksanakan ajaran dharma
e. Melaksanakan yajna
24. Tari wali dalam pelaksanaanya maupun gerakan penarinya selalu berkaitan dengan mitologi atau cerita yang berhubungan dengan situasi ataupun kondisi masyarakat pada waktu melaksanakan suatu upacara. Berikut merupakan jenis tari wali yang berasal dari Jateng / Yogyakarta yaitu …
a. Tari Pendet
b. Tari Tor Tor
c. Tari Bedaya Semang
d. Tari Siwa Nata Raja
e. Tari Sanyang / Seblang
25. Masyarakat Hindu dalam melaksanakan kehidupan beragama terutama dalam melaksanakan ajaran panca yajna tidak terlepas dari pementasan atau penampilan seni sacral. Tujuan pementasan seni sacral dalam pelaksanaan ajaran panca yajna yaitu …
a. Sebagai media persembahan dan pemujan kepada Tuhan agar beliau memberikan perlindungan, keselamatan, kekuatan, kesejahteraan dan kebahagiyaan hidup.
b. Sebagai media untuk mendatangkan kekuatan gaib
c. Untuk menolak bencana
d. Sebgai media pengsingkronasian antara bhuana agung dengan bhuana alit
e. Sebagai hiburan dan pelepas kejenuhan setelah melaksanakan upacara panca yajna
26. Tarian yang pementasanya sebagai penunjang jalanya upacara keagamaan dan bersifat sebagai pengiring kegiatan disebut dengan istolah …
a. Tari Bebali
b. Tari wayang lemah
c. Tari topeng
d. Tari balih-balihan
e. Tari wali
27. Bagi seorang bhakta yang ingin mencapai Tuhan dengan cara berbakti akan berusaha dnengan sungguh-sungguh untuk melepas sifat keegoanya. Yang menjadi dasar keegoan harus dilepaskan yaitu …
a. Keegoan menyebabkan rasa cinta, kasih dan saying pada Tuhan maupun sesama.
b. Dengan sifat ego yang tinggi seseorang akan lebih cepat bersifat pasrah dan bhakti.
c. Sifat egois akan membelenggu sifat cinta, kasih, dan kepasrahan.
d. Sifat ego akan menumbuhkan sifat kepercayaan diri yang sangat tinggi.
e. Dengan keegoan yang tinggi manusia lebih mudah sampai pada Tuhan.
28. Dalam ajaran catur asrama mengenal ajaran wana prasta, yang dimaksud wanaprasta yaitu…
a. Tahapan kehidupan manusia pada waktu mengarungi kehidupan keduniawian dan berkeluarga.
b. Tahapan kehidupan manusia dimana pada fase itu telah mengurangi kenikmatan keduniawian dan berkonsentrasi pada kehidupan rohani.
c. Tahapan hidup manusia dimana manusia melakukan tapa brata yoga Samadhi dan telah meninggalkan aktifitas keduniawian.
d. Tahapan hidup manusia sewaktu dirinya menuntut ilmu pengetahuan yang akan digunakan untuk kehidupanya.
e. Tahapan hidup manusia diamana manusia tersebut tidak menikah atau tidak kawin.
29. Tahapan hidup manusia dimana manusia melakukan tapa brata yoga Samadhi dan telah meninggalkan aktifitas keduniawian. Dalam ajaran catur asrama disebut dengan istilah ….
a. Bhiksuka
b. Dharma
c. Brahmacari
d. Greihasta
e. Wanaprasta
30. Dalam ajaran agama Hindu mengenal adanya empat tujuan hidup manusia yang harus dicapai, dan dalam pencapaianya harus didasarkan pada dharma. Ajaran tersebut dinamakan dengan ajaran….
a. Catur asrama
b. Catur warna
c. Catur brata
d. Catur paramita
e. Catur purusa arta
31. Keinginan yang dapat memberikan kepuasan dan kesejahteraan hidup, dalam ajaran catur purusa arta disebut …
a. Arta
b. Dharma
c. Brahmacari
d. Kama
e. Moksa
32. Dalam ajaran agama Hindu mengenal ajaran catur warna, yang dimaksud dengan catur warna adalah …
a. Empat macam tujuan hidup manusia
b. Empat macam jalan atau cara mencapai moksa
c. Empat tahapan hidup manusia
d. Empat guru yang wajib dihormati
e. Empat pilihan bagi seseorang dalam berprofesi
33. Antara dharma dan arta sangatlah erat hubungannya karena keduanya saling mendukung, yang menjadi hubungan arta dengan dharma yaitu …
a. Untuk mendapatkan atra harus berdasarkan dharma dan arta juga sebagai sumber pelaksanaan dharma
b. Arta harus terlebih dahulu didapatkan barulah mendapatkan dharma
c. Mencari arta tidak harus berpedoman pada dharma, karena tidak mudah mencari arta yang berdasarkan dharma.
d. Dalam melaksanakan dharma menggunakan arta yang sangat banyak maka manusia harus mengutamakan pencarian arta daripada dharma
e. Dharma dan arta tidak bias dilaksanakan seiring sejalan karena keduanya bertentanga
34. Kitab suci agama Hindu yang memuat tentang dasar hukum manusia dalam bertingkah laku yaitu ....
a. Rg Weda d. Atarwa Weda
b. Yajur Weda e. Manawa Dharma Sastra
c. Sama Weda
35. Salah satu kitab suci Agama Hindu yang berisikan mantera-mantera yang bersifat magis yaitu dan digunakan untuk kepentingan yang bersifat duniawi disebut ....
a. Rg Weda d. Atarwa Weda
b. Yajur Weda e. Manawa Dharma Sastra
c. Sama Weda
36. Bentuk hukum Tuhan yang bersifat pasti dan tak bisa dirubah disebut dengan hukum ....
a. Rta d. Sebab akibat
b. Dharma e. Pasti
c. Karma
37. Kitab suci Weda selain sebagai pedoman kehidupan bagi umat Hindu juga berfungsi sebagai sumber hukum, yang dimksud sebagai sumber hukum ialah …
a. Segala sesuatu yang ada dalam weda harus dilaksanakan
b. Weda didalamnya mengandung ajaran Dharma yaitu kewajiban yang harus dilaksanakan manusia, sehingga weda dijadikan sumber dari pembenaran.
c. Weda merupakan kitab tertua sehingga memiliki cakupan paling luas dan sempurna
d. Weda bersifat anandi dan ananta sehimhha sangat perlu untuk dilaksanakan
e. Weda sebagai kitab suci orang hindu yang harus dilaksanakan
38. Wahyu suci Weda jelas diwahyukan oleh Tuhan melalui sapta Rsi untuk seluruh umat manusia agar bisa menjalankan hidup dengan baik, namun pada saat ini ada beberapa pihak yang menyatakan bahwa Agama Hindu adalah Agama Bumi atau budaya ciptaan manusia karena sangat erat dengan kebudayaan masyarakat. Berikut ni merupakan pernyataan yang Benar mengenai hal diatas yaitu …
a. Agama Hindu memang buatan manusia sehingga sangat erat dengan pola hidup masyarakat
b. Pelaksanaan Agama Hindu bersifat desa, kala, patra, sehingga ajaran Agama Hindu selalu berakulturasi dengan budaya masyarakat namun sebagai dasar utama pelaksanaanya yaitu ajaran kitab suci Weda.
c. Agama Hindu merupakan kumpulan dari keunggulan-keunggulan budaya local (local genius) yang disatukan kedalam sebuah buku.
d. Agama Hindu merupakan Agama yang universal karena bisa mengadopsi semua tingkah laku manusia.
e. Ajaran Agama Hindu merupakan cikal bakal dari kebudayaan masyarakat.
39. Wahyu suci Weda jelas diwahyukan oleh Tuhan melalui sapta Rsi untuk seluruh umat manusia agar bisa menjalankan hidup dengan baik, namun pada saat ini ada beberapa pihak yang menyatakan bahwa Agama Hindu adalah Agama Bumi atau budaya ciptaan manusia karena sangat erat dengan kebudayaan masyarakat. Berikut ni merupakan pernyataan yang Benar mengenai hal diatas yaitu …
a. Agama Hindu memang buatan manusia sehingga sangat erat dengan pola hidup masyarakat
b. Pelaksanaan Agama Hindu bersifat desa, kala, patra, sehingga ajaran Agama Hindu selalu berakulturasi dengan budaya masyarakat namun sebagai dasar utama pelaksanaanya yaitu ajaran kitab suci Weda.
c. Agama Hindu merupakan kumpulan dari keunggulan-keunggulan budaya local (local genius) yang disatukan kedalam sebuah buku.
d. Agama Hindu merupakan Agama yang universal karena bisa mengadopsi semua tingkah laku manusia.
e. Ajaran Agama Hindu merupakan cikal bakal dari kebudayaan masyarakat.
40. Dewasa ini seiring perkembangan jaman Agama Hindu di kalangan tokoh intelektual sering disebut sebagai Agama tirta / air, adapun yang menjadi landasan penamaan tersebut yaitu …
a. Umat Hindu selalu minum air putih yang banyak
b. Air atau tirta sangat dihormati di kalangan umat Hindu
c. Umat Hindu selalu menggunakan air dalam kehidupanya dan tidak akan bisa hidup tanpa air
d. Dalam mlaksanakan ritual umat Hindu selalu menggunakan air yang diproses menjadi tirta, dimana tirta itu dipercaya sebagai media pentranferan energy yang bersifat positif dari Hyang Widhi kepada umat manusia.
e. Dengan adanya tirta umat Hindu bisa menjadi bersih dan sehat sehingga dia dapat melaksanakan persembahyangan dan aktifitas lain secara ideal dan seimbang.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar