ARTIKEL

  • BUDAYA
  • KEAGAMAAN

Minggu, 27 Mei 2012

US 2

PEMERINTAH KABUPATEN PONOROGO
DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
SMA NEGERI 1 PONOROGO
ULANGAN SEMESTER GENAP
TAHUN AJARAN 2011/2012

1.      Dalam pembangunan tempat pemujaan, tempat yang letaknya lebih tinggi dan atau kearah matahari terbit dianggap sebagai posisi yang sangat baik karena : ….
          a.     Menuju ke arah Guru Loka                      
            b.   Menuju ke arah Indra Loka                     
           c.    Menuju ke arah Jana Loka
d.     Menuju ke arah Jana Loka Luar
e.     Menuju ke arah Tapa Loka

2.    Padmasana, biasa dibangun pada halaman : ….
 a.   Guru Loka  
b.   Indra Loka                                                       
c .  Jana Loka Dalam
d.   Jana Loka Luar
e.   Sembarang tempat

3.      Dalam membangun tempat pemujaan biasanya mengacu  pada susunan Punden berundak, dimana undak / halaman yang paling tinggi dianggap sebagai tempat yang paling suci. Dengan demikian seyogyanya dalam membangun tempat pemujaan dibagi menjadi : ….
      a.   1 halaman                                                      
      b.   2 halaman                                                      
c.   3 halaman
d.   4 halaman
e.   5 halaman

4.    Kiblat kita dalam sembahyang adalah Padmasana. Akan tetapi bila tidak ada Padmasana Kiblat kita yang utama adalah : ….
 a.  Puncak gunung                                              
 b. Batu besar                                                      
 c.Patung / Berhala
d.  Gundukan tanah
e.  Arah Timur

5.    Padmasana berfungsi / dimaksudkan sebagai : ….
a.   Stana Dewa Brahma                                    
b.   Stana Dewa Wisnu                                       
c.   Stana Dewa Siwa
 d.             Stana Sang Hyang Widhi
 e.             Stana Dewa Indra

6.      Arah timur ( arah matahari terbit ) disebut juga sebagai arah “ Sangkan Paraning Dumadi “. Yang menjadi obyek Sangkan Paraning Dumadi adalah : ….
a.   Ayah dan Ibu                                                  
b.   Para Dewata                                                  
c.   Purusa dan Pradana
d.   Sang Hyang Widhi Wasa
e.   Bathara

7.      Pura sebagai tempat suci yang dipergunakan sebagai tempat sejud dan bhakti kehadapan Sang Pencipta, juga difungsikan sebagai : ….
 a.  Pendidikan agama dan pembinaan umat
 b.   Pembinaan seni dan hiburan masyarakat
 c.  Kegiatan arisan ibu – ibu dan dharma wanita
 d.  Kegiatan penggalian dana untuk membantu musibah / bencana alam
e.   Musyawarah untuk kepentingan masyarakat umum

8.   Dalam membangun tempat ibadah / pemujaan biasanya lokasi / wilayah dibagi menjadi tiga bagian dan tiga ketinggian ( undak ) dimana wilayah paling luar / rendah, wilayah tengah / sedang, dan wilayah dalam / tinggi. Yang secara urut disebut bagian Jana Loka – Indra Loka –  Guru Loka yang sepadan dengan Nistha – Madya – Utama. Konsepsi yang menyatakan demikian disebut : ….
  a. Tri Loka                                                           
  b. Tri Sarira           
 c.Tri Mandala
d. Tri Rupa
e. Tri Rna

9.      Arah puncak gunung / timur dianggap sebagai arah spiritual, sedangkan arah laut / bawah / barat dianggap sebagai arah material. Pemahaman konsepsi seperti ini dalam pembuatan temapat ibadah disebut konsepsi : ….
a.   Tri Mandala                                                                d.   Rwa Bhinedha
b.   Catur Loka Phala                                                         e.   Sad Kertih
c.   Sad Winayaka
10.  Antara halaman yang satu dengan yang lainnya dalam tempat pemujaan, pasti dibatasi oleh Gelung Kori yang banyak berukiran Kepala Raksasa. Melambangkan berikut ini, kecuali : ….
a. Untuk memasuki dunia kesucian pasti berhadapan dengan goda dan coba  
b. Untuk memasuki dunia kesucian pasti berhadapan dengan rintangan dan hambatan
c. Untuk mampu menangkap getaran ilhami perlu ketenangan dan kejernihan pikiran
d. Penguasa Pura adalah Raja Setan
e. Cengkeraman nafsu Indria terhadap jasmani sangat kuat, bagaikan belitan dan gigitan ular besar

11.  Menurut Anda, dalam upacara membangun rumah / tempat pemujaan antara satu wilayah dengan wilayah yang lainnya, upakaranya : ….
  a. Harus selalu sama                                             d.   Banyak dan mahal
  b. Disesuaikan dengan adat                                   e.   Sesuka hati
  c. Harus selalu berbeda

12.  Fungsi Upakara ( banten / sajen ) dalam upacara adalah berikut ini, kecuali : ….
a.   Sebagai wujud dari ketulusan hati
b.   Memiliki supra natural
c.   Untuk persiapan dan persediaan makan besar
d.   Untuk menyangga kelestarian dan keharmonisan alam
e.   Sebagai wujud nyata sembah bakti kehadapan Sang Pencipta

13.  Padmasana adalah bangunan yang dipergunakan untuk memuja Sang Hyang Widhi Wasa, dalam wujud Beliau yang tunggal. Yang memprakarsai untuk membuat bangunan Padmasana adalah….
 a.  Rsi Markandeya                                                          d.    Mpu Baradah
 b.   Mpu Sangkul Putih                                         e.   Dang Hyang Niratha
c.   Mpu Kuturan

14.  Untuk melestarikan keberadaan tempat suci adalah dengan membangun dan merawat tempat suci sebagaimana mestinya. Perbuatan ini tergolong : ….
  a. Dewa Yadnya                                                              d.   Manusia Yadnya
  b. Bhuta Yadnya                                                              e.   Pitra Yadnya
  c. Rsi Yadnya

15.  Pada mulanya agama Hindu dikenal dengan istilah Sanatana Dharma yang artinya  : ….
a. Kebajikan yang abadi                                      d.   Agama suci
b. Ajaran suci                                                       e.   Agama langit
c. Kebajikan agama

16.  Tempat suci bagi umat Hindu beranekaragam bentuknya (Kuil : India, Candi : Jawa, Pura : Bali). Hal ini menunjukkan bahwa konsepsi ajaran agama Hindu sangat menjunjung tinggi berikut ini, kecuali : ….
a.   Keanekargaman budaya                            d.Perbedaan pemaknaan filsafat
b.   Desa, kala, patra                                           e.Fanatisme sempit terhadap suatu ajaran
c.   Pemujaan Manifestasi Tuhan

17.  Pada umumnya bengunan tempat suci BagI Umat Hindu selalu dalam keadaan terbuka (leluasa berhubungan dengan alam). Hal ini sangat berbeda dengan tempat suci umat lainnya. Keterbukaan ini melambangkan bahwa umat Hindu harus : ….
 a.  Menjaga kelestarian alam.                                       
 b.  Mengexplorasi alam                                            
 c.  memanfaatkan SDA secara Optimal
 d. menghancurkan alam
 e. menyembah alam

18.  Sebagai keadaan Sang Surya menerangai dunia, demikian Sang Hyang Atma menerangi badan. Dialah yang menyebabkan kita hidup dan dapat berbuat. Oleh sebab itu : ….
a.   Badan akan tetap hidup jika atman hilang        
b.   Badan lebih berkuasa daripada atman
      c.   Badan akan bila atman hilang
      d.  Badan akan mati bila Atman pergi
e.  Badan dan atman adalah satu kesatuan

19.  Dalam kedaan yang sesungguhnya keberadaan Tuhan itu tidak terjangkau oleh alam rasa dan pikiran manusia. Apalagi menamai dan menyebut-Nya, membayangkan saja manusia tidak akan pernah mampu, sekalipun manusia itu suci. Tuhan dalam keadaan yang demikian disebut dengan….
a.   Parama siwa                                                               d.   Imanen
b.   Sada Siwa  e.                                                               Absolut
c.   Siwa

20.  Karena Kasih-Nya kepada umat manusia, Tuhan berkenan memposisikan diri dalam keadaan yang dapat terjangkau / terbayangkan oleh alam pikiran dan rasa nanusia. Tuhan dalam keadaan yang demikian disebut dengan : ….
a.        Parama siwa                               d.  Nyata
b.    Siwa                                         e.  Kongkrit
                   c. Sada Siwa

21.  Barikut ini yang bukan faktor penghambat proses pencapaian Brahman atman aikyam ialah : ….
a.   Kemelekatan                               d. Kemampuan dalam melaksanakan meditasi
b.   Keegoan                                       e. Karma buruk manusia
c.     Cinta kasih berlebih

22.  Salah satu  indikasi seseorang telah mencapai tingkatan Brahman atman aikyam ialah ….
a.  Manusia telah mati                                 d. Tuhan berada dalam dirinya
     b.   Manusia mengalami re inkarnasi         e.  Kehendaknya sama denan kehendak Tuhan
     c.   Terbelenggu karma pala

23.  Bila kita amati hampir seluruh orang yang menganut Agama selalu melakukan sembahyang, walaupun dengan cara yang berbeda-beda namun pada dasarnya tujuan dari sembahyang yaitu …
a.      Menghaturkan sembah bakti kepada Tuhan dan mohon waranugrahanya agar keinginan seseorang tercapai serta sebagai perwujudan rasa terimakasih.
b.      Untuk membuat senang Tuhan
c.       Menghaturkan sesaji yang dia punya untuk Tuhan
d.      Merupakan wahana pengakuan sebagai insan yang berAgama
e.      Untuk memperlihatkan pada orang lain kalau kita punya Agama

24.  Tingkatan atma yang paling suci, bening tanpa noda, tidak berciri, dan tidak terjangkau oleh akal dan rasa manusia disebut : ….
a.   Brahman atman aikyam                                 d.   Nirguna Brahman
b.   Jnana byudahe                                                e.   Sadguna brahman
      c.   Sudria yoga marga

25.  Bersenyawanya / bersatunya atman dan jasmani langsung diikuti oleh Tri Guna, yaitu ….
                  a.   Mati                                                                                         d. Sadar
                  b.   Hidup                                                                                        e. Tidak sadar
                  c.   Moksa

26.  Alam semester ini dipenuhi oleh dua kekuatan besar yang sangat gaib dalam berbagai tingkatan, yakni kekuatan Dewata Dan Asura. Dalam keadaan yang demikian maka manusia : ….
a.   mengikuti kekuatan Asura                                               
b.   Mengikuti kekuatan Dewata
c.   Memadukan kedua duanya
d.   Berusaha menjadi dirinya sendiri
e.   Teguh kukuh terhadap keyakinan dan ajaran dharma

27.  Manusia yang tidak mampu  menjumenengkan Sang Hyang Siwa Atman dalam sanubarinya, dan bahkan didominasi oleh kekuatan Asura, maka ia : ….
a. Akan serakah                                                    d.   Menjadi raksasa
b. Arif dan bijaksana                                             e.   Menjadi dewata
c. Memiliki welas asih

28.  Bila kita lihat perkembangan Agama Hindu di seluruh dunia saat ini selalu ada perbedaan-perbedaan pola pelaksanaan ajarannya. Yang menyebabkan perbedaan pola pelaksanaan ajaran Agama yaitu…
a.      Sumber ajaran yang dipakai tidak sama
b.      Ajaran Agama Hindu selalu berakulturasi dengan kebudayaan masyarakat yang ditempati
c.       Kitab sucinya berbeda beda
d.      Resi yang menyebarkan berbeda beda
e.      Pola pikir masyarakat

29.  Jalan menuju Tuhan atau Hyang Widhi dapat dilaksanakan melalui berbagai macam cara, dalam Agama Hindu mengajarkan empat macam jalan untuk mencapai Tuhan yang disebut …
a.      Catur pursa Arta
b.      Catur Asrama
c.       Catur Upaya Sandi
d.      Catur Marga Yoga
e.      Catur tunggal

30.  Untuk mencapai Tuhan dalam ajaran Agama Hindu dikenal empat cara yaitu bhakti, karma, jnana, raja. Bila kita amati pelaksanaanya di Indonesia cara yang paling banyak digunakan yaitu …
a.      Bhakti Marga
b.      Karma Marga
c.       Jnana Marga
d.      Raja Marga
e.      Sapta Marga

31.  Pada konsep ajaran agama dogma, Tuhan itu namanya satu, agama-Nya satu dengan pusat singgasana-Nya di sorga. Sedangkan menurut konsep agama pramana : ….
a.  Tuhan itu satu namun disebut dengan banyak nama
b.  Tuhan itu banyak namun yang paling Esa hanya Satu
c.  Tuhan itu banyak dan namanya juga banyak
d.  Tuhan itu Maha ada
e.  Tuhan suka dipuja dan memiliki musuh

32.  Menurut konsep ajaran Weda, seseorang setelah meninggal dunia akan masuk sorga / neraka hanya ditentukan oleh : ….
 a.  Agama apa yang dianut ketika masih hidup
 b.  Tuhan yang mana yang ia puja
 c.  Cara / model sujud bhakti yang ia lakukan
 d.  Suku, bangsa, dan bahasa apa yang ia miliki
 e.  Prakarti / perbuatan / karma yang ia lakukan

33.  Zaman Weda, zaman Brahmana, zaman Upanisad merupakan : ….
      a.         Sejarah perkembangan agama Hindu di India
b.         Sejarah perkembangan agama Hindu di Jawa
c.         Sejarah perkembangan agama Hindu di Bali
      d.         Sejarah perkembangan agama Hindu di Indonesia
      e.         Sejarah perkembangan agama Hindu di dunia

34.  Istilah “ Agama “, sebenarnya memiliki makna konotasi yang sempit, sebab membuat pengkotakan konsep spiritual, maka  : ….
a. Hindu beruntung disebut sebagai sebuah agama
b. Hindu rugi karena seolah ajaran Weda adalah sempit
c. Menguntungkan bagi suatu konsep aliran spiritual tertentu
d. Merugikan bagi kepentingan spiritual umat manusia
e. Menguntungkan bagi kepentingan spiritual manusia

35.  Untuk memahami kebenaran suatu agama, paling sedikit harus melalui dua dimensi, yaitu agama sebagai keyakinan dan agama sebagai ilmu. Ketika agama sebagai sebuah keyakinan maka agama telah menjadi hak asasi / prerogative setiap orang yang sudah final dan tidak bisa diganggugugat oleh siapapun. Akan tetapi ketika agama dipandang sebagai sebuah ilmu, maka ia memiliki dua kutub, yaitu agama sebagai ilmu yang bersifat rasional spiritual dan rasional intelektual. Ketika agama dipandang sebagi sebuah ilmu maka agama : ….
a. Boleh dikaji, dianalisis, dan diperdebatkan keilmiahan konsepsinya
b. Boleh diganti dan diakulturasikan konsepsinya
c. Tabu untuk dikaji, dianalisis, dan diperdebatkan keilmiahan konsepsinya
d. Merupakan hak asasi bagi pemeluknya
e. Tabu untuk dipahami


-----------------------GOOD LUCK & GOOD BLESS YOU-------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar